contoh proposal usaha



BAB I
PENDAHULUAN

1.1         Latar Belakang
Pendidikan merupakan salah satu pilar suatu bangsa. Pendidikan berperan sangat penting untuk membentuk para generasi penerus bangsa. Pendidikan tidak hanya mengajarkan materi-materi yang diberikan dari sekolah, tetapi pendidikan juga harus mengajarkan karakter dan budaya terhadap peserta didik sehingga mampu membangun generasi penerus bangsa yang beretika dan bermoral.   Namun, kondisi saat ini menunjukkan adanya cacat pendidikan hal tersebut dapat dibuktikan dengan lemahnya dan hilangnya nilai-nilai kesopanan pada generasi muda. Secara perlahan budaya bangsa Indonesia mulai terkikis oleh zaman. Genersi muda saat ini mulai mengenal budaya asing daripada mengenal budaya sendiri. Oleh karena itu, kami sebagai mahasiswa menggunakan dunia pendidikan untuk mendirikan suatu usaha di bidang jasa dengan membuka sebuah Lembaga Kursus. Kami sebagai mahasiswa yang berperan sebagai Student of change, dapat membantu mensosialisasikan pentingnya suatu pendidikan dengan memberikan pembelajaran-pembelajaran pendidikan karakter serta budaya melalui Lembaga Kursus yang akan didirikan.
1.2         Visi Usaha
Mewujudkan Lembaga Kursus Smart Course sebagai salah satu Lembaga Kursus yang Unggul, Berkarakter, dan Berbudaya.
1.3         Misi Usaha
*   Menyiapkan siswa yang kompeten berwawasan imam dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
*   Menerapkan layanan prima dalam Lembaga Kursus
*   Menumbuhkan semangat kompetitif kepada seluruh siswa
*   Terus berinovasi dalam menciptakan metode-metode pembelajaran yang unik dan menarik.
*   Memberikan pelayanan yang terbaik untuk siswa
1.4  Tujuan Usaha
o  Memberikan pemahaman, pengetahuan, serta wawasan berbasis Bahasa Internasional kepada siswa
o  Untuk mendapatkan keselarasan komunikasi antara tutor dan siswa
o  Menumbuhkan sikap dan rasa solidaritas sesama siswa
o  Mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya dalam bidang jasa






























BAB II
RINGKASAN BISNIS

2.1     Gambaran Awal Usaha
     Usaha ini merupakan usaha kami yang pertama. Dalam tahap awal kami akan menggunakan dana dari Tabungan Pribadi sebagai tambahan awal modal kami dalam mendirikan usaha ini. Selanjutnya kami akan menggunakan sebuah rumah yang tidak ditempati oleh pemiliknya yang dimana pemilik rumah tersebut merupakan salah satu pendiri Lembaga Kursus sebagai lokasi usaha dan membuat surat izin usahanya.
2.2     Gambaran Produk
Usaha yang kami dirikan berupa Jasa yang dapat bermanfaat untuk masyarakat. Jasa yang kami dirikan ini adalah Lembaga Kursus, sasaran kami yaitu pelajar Sekolah Dasar. Kami mempunyai ide dan inovasi tersendiri dalam mendirikan Lembaga Kursus ini. Mengingat bahwa kami adalah mahasiswi dari Politeknik Negeri Jember Jurusan Bahasa, Komunikasi dan Pariwisata Program Studi Bahasa Inggris, maka kami mendirikan usaha ini sesuai dengan bidang dan keahlian kami. Walaupun kami hanya seorang mahasiswi, tapi kami ingin menjadi orang besar dengan melakukan tindakan kecil dan sederhana. Menurut kami orang besar itu bukanlah yang menjadi pengusaha besar ataupun pemimpin partai, tapi orang besar itu adalah orang yang mau membagikan Ilmunya kepada orang lain dari pusat kota sampai ke pelosok desa.
2.3     Gambaran Persaingan
            Untuk saat ini kami mempunyai beberapa pesaing. Pengaruh pesaing           terhadap Lembaga Kursus kami agak sedikit berpengaruh karena pesaing kami sudah terlebih dahulu mendirikan Lembaga Kursus dan juga tempat berdirinya yang cukup strategis, banyak orang yang mengenalnya dan telah memiliki banyak cabang hampir diseluruh Indonesia.
2.4    Gambaran Penjualan
            Dalam pelaksanaannya nanti, kami mendirikannya ditempat yang    strategis, yakni di Jalan Raya Situbondo No.56 Bondowoso yang merupakan salah satu tempat yang strategis di Bondowoso. Tentu dalam pemasarannya nanti, ada strategi-strategi pemasaran yang akan kami pakai dalam menarik calon orang tua dari siswa. Harga yang kami berikan relative lebih murah dari Lembaga Kursus yang ada. Besar harapan kami agar dalam pelaksanaannya nanti pendirian Lembaga Kursus kami dapat berjalan dengan sukses.

































BAB III
ANALISIS SWOT

4.1       Strenght (Kekuatan)
v  Harga yang kami berikan relatif murah.
v  Tempatnya strategi sehingga mudah untuk dikunjungi.
v  Konsep pembelajaran yang kami berikan sederhana dan menyenangkan.
v  Materi yang kami berikan sangat mendetail dan mudah dipahami.
v  Fasilitas kelas yang memadai sehingga menunjang proses belajar mengajar.
v  Adanya taman bermain, ruang tunggu untuk orang tua yang akan menjemput anaknya.

4.2       Weakness (Kelemahan)
Ø  Sumber Daya Manusia yang terbatas, karena kami hanya seorang mahasiswa.
Ø  Belum mempunyai cabang.
Ø  Kurang modal untuk memulai usaha.
Ø  Ruang kelas yang tersedia hanya sedikit

4.3       Opportunity (Peluang)
·         Lembaga Kursus saat ini sangat diminati oleh masyarakat.
·         Bahasa Inggris yang saat ini digunakan di berbagai bidang keahlian .
·         Dekat dengan tempat pendidikan seperti TK, SD, SMA, SMA.

4.4       Threat (Ancaman)
ü  Banyak saingan.
ü  Harga yang kami berikan kurang meyakinkan masyarakat karena harga yang begitu murah.









BAB IV
RENCANA USAHA

4.1     Nama Usaha
     Usaha yang kami buka adalah jasa Lembaga Kursus Bahasa Inggris dengan nama SMART COURSE  yang beralamat di  Jalan Raya Situbondo No.56 Bondowoso. Kami memberi nama ini karena kami ingin generasi penerus bangsa menjadi generasi yang smart.
4.2     Tempat Usaha
            Tempat yang memungkinkan untuk mendirikan usaha adalah Jalan Raya Situbondo No.56 Bondowoso. Daerah ini kami nilai jalan yang sangat ramai. Selain itu, dekat dengan tempat pendidikan dan tempat umum.
4.3     Waktu Operasional
Usaha ini akan kami buka setiap hari Sabtu dan Minggu dari pukul 09.00 s.d 17.00. Hal ini dipertimbangkan karena pada hari Senin s.d Jum’at kami sebagai mahasiswa terdapat jadwal kuliah.















BAB V
PEMASARAN
5.1     Target Pasar
Karena kantor kami merupakan Lembaga Kursus, maka target pasar dari Lembaga Kursus ini adalah siswa sekolah dasar. Target pasar kami juga untuk lingkup kawasan menengah kebawah dan menengah keatas.
5.2     Metode Pemasaran
Metode pemasaran yang kami gunakan adalah dengan promosi menggunakan brosur dan banner yang akan kami pasang di tempat umum.
5.3     Paket Harga
Biaya pendaftaran @ Rp 150.000,00 diawal masuk tempat kursus kami. Biaya per bulan @ Rp 75.000,00 setelah menjadi siswa di Smart Course.

















BAB VI
PERENCANAAN KEUANGAN

6.1     Biaya Tetap (Fixed Cost)
*   Gaji karyawan 2 x Rp 500.000                    Rp 1.000.000
*   White Board                                                 Rp    150.000
*   Pengahapus Papan                                        Rp        5.000
*   Banner                                                          Rp      25.000  +
                                                                      Rp 1.180.000
6.2     Biaya Variabel (Variable Cost) per Bulan
*   Meja Lipat                                                    Rp    500.000
*   Spidol                                                           Rp      20.000
*   ATK                                                              Rp    100.000
*   Name Tag                                                     Rp      50.000
*   Buku Materi                                                  Rp    350.000
*   Raport                                                           Rp    200.000
*   Brosur 100 lbr                                               Rp    200.000 +
                                                                 Rp 1.420.000
6.3     Total Biaya (Total Cost)
          TC = TFC + TVC
          TC = Rp 1.180.000,- + Rp 1.420.000,-
          TC = Rp 2.600.000,-
6.4     Daftar Harga
          Biaya pendaftaran                                             Rp 150.000,00
          Biaya per bulan                                                  Rp   75.000,00
6.5     Pendapatan
          Target siswa per hari adalah 8 orang. Waktu Sabtu-Minggu. Atau dalam sebulan target siswa 25 oang.
          Pendapatan                     = Rp 150.000,- x 8 orang  = Rp 1.200.000,-
          Pendapatan Bulanan      = Rp 75.000,- x 25 orang = Rp 1.875.000,-


6.6     Penghitungan Harga
          Harga Pokok/Biaya Variabel =  Rp 1.420.000,-
          Hpp                    = Rp 1.420.000,- / 25=  Rp 56.800,-
          Laba yang diinginkan  :
          Pendaftaran  = Rp 150.000.- Rp 56.800,-         =  Rp 93.200,-
          Per bulan      = Rp 75.000.- Rp 56.800,-           = Rp 18.200,-
6.7     Analisis Titik Impas (Break-Event Point)
          BEP = Biaya Tetap = Rp 2.600.000,- = 142,8 orang ~~ 143 orang
                        Profit               Rp 18.200,-
          Berarti akan BEP dalam = 143/25 = 5,7 bulan ~~ 6 bulan
SUMBER DANA INVESTASI
Kebutuhan dana dalam pembangunan usaha ini berasal dari dana sendiri, yaitu:
Modal sendiri : Rp    2.000.000,00    (100%)


















BAB VII
PENUTUP

7.1     Antisipasi Masa Depan
Sebagai wirausahawan yang baik, kami tidak akan membiarkan usaha ini berjalan secara mendatar. Kami akan terus mencoba memperbaiki kualitas pekerjaan kami, agar para peminat atau konsumen puas atas pelayanan jasa yang kami buat. Karena apabila kualitas jasa  kami tidak kami tingkatkan kemungkinan besar usaha ini tidak akan maju dan terancam bangkrut.
7.2     Kesimpulan
Menurut kami usaha ini dapat berkembang dan akan mencapai keberhasilan. Kami sangat yakin bahwa usaha ini akan maju dan terus berkembang karena dilakukan oleh orang–orang yang mempunyai kualitas dalam menjalankan setiap pekerjaan. Kami sadar bahwa usaha ini tak akan langsung berkembang pesat tapi kami akan terus berjuang untuk terus menjalankan dan mengembangkan usaha ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

UNTUK KAMU

MUNGKIN BUKAN AKU

BUKIT RHEMA