contoh proposal usaha
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Pendidikan
merupakan salah satu pilar suatu bangsa. Pendidikan berperan sangat penting
untuk membentuk para generasi penerus bangsa. Pendidikan tidak hanya
mengajarkan materi-materi yang diberikan dari sekolah, tetapi pendidikan juga
harus mengajarkan karakter dan budaya terhadap peserta didik sehingga mampu
membangun generasi penerus bangsa yang beretika dan bermoral. Namun,
kondisi saat ini menunjukkan adanya cacat pendidikan hal tersebut dapat
dibuktikan dengan lemahnya dan hilangnya nilai-nilai kesopanan pada generasi
muda. Secara perlahan budaya bangsa Indonesia mulai terkikis oleh zaman. Genersi
muda saat ini mulai mengenal budaya asing daripada mengenal budaya sendiri. Oleh karena itu, kami sebagai mahasiswa
menggunakan dunia pendidikan untuk mendirikan suatu usaha di bidang jasa dengan
membuka sebuah Lembaga Kursus. Kami sebagai mahasiswa yang berperan sebagai Student of
change, dapat membantu mensosialisasikan
pentingnya suatu pendidikan dengan memberikan pembelajaran-pembelajaran
pendidikan karakter serta budaya melalui Lembaga Kursus yang akan didirikan.
1.2
Visi Usaha
Mewujudkan Lembaga
Kursus Smart Course sebagai salah satu Lembaga
Kursus yang Unggul, Berkarakter, dan Berbudaya.
1.3
Misi Usaha





1.4
Tujuan Usaha
o
Memberikan
pemahaman, pengetahuan, serta wawasan berbasis Bahasa Internasional kepada siswa
o
Untuk
mendapatkan keselarasan komunikasi antara
tutor dan siswa
o
Menumbuhkan
sikap dan rasa solidaritas sesama siswa
o
Mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya dalam bidang jasa
BAB II
RINGKASAN BISNIS
2.1 Gambaran Awal Usaha
Usaha ini merupakan usaha kami yang
pertama. Dalam tahap awal kami akan menggunakan dana dari Tabungan Pribadi
sebagai tambahan awal modal kami dalam mendirikan usaha ini. Selanjutnya kami
akan menggunakan sebuah rumah yang tidak ditempati oleh pemiliknya yang dimana
pemilik rumah tersebut merupakan salah satu pendiri Lembaga Kursus sebagai
lokasi usaha dan membuat surat izin usahanya.
2.2 Gambaran Produk
Usaha yang kami dirikan berupa Jasa yang dapat bermanfaat untuk masyarakat.
Jasa yang kami dirikan ini adalah Lembaga Kursus, sasaran kami yaitu pelajar
Sekolah Dasar. Kami mempunyai ide dan inovasi tersendiri dalam mendirikan Lembaga
Kursus ini. Mengingat bahwa kami adalah mahasiswi dari Politeknik Negeri Jember
Jurusan Bahasa, Komunikasi dan Pariwisata Program Studi Bahasa Inggris, maka
kami mendirikan usaha ini sesuai dengan bidang dan keahlian kami. Walaupun kami hanya seorang mahasiswi, tapi kami
ingin menjadi orang besar dengan melakukan tindakan kecil dan sederhana.
Menurut kami orang besar itu bukanlah yang menjadi pengusaha besar ataupun
pemimpin partai, tapi orang besar itu adalah orang yang mau membagikan Ilmunya
kepada orang lain dari pusat kota sampai ke pelosok desa.
2.3 Gambaran Persaingan
Untuk saat ini kami
mempunyai beberapa pesaing. Pengaruh pesaing terhadap
Lembaga Kursus kami agak sedikit berpengaruh karena pesaing kami sudah terlebih
dahulu mendirikan Lembaga Kursus dan juga tempat berdirinya yang cukup
strategis, banyak orang yang mengenalnya dan telah memiliki banyak cabang
hampir diseluruh Indonesia.
2.4 Gambaran Penjualan
Dalam pelaksanaannya
nanti, kami mendirikannya ditempat yang strategis,
yakni di Jalan Raya Situbondo No.56 Bondowoso yang merupakan salah satu tempat
yang strategis di Bondowoso. Tentu dalam pemasarannya nanti, ada
strategi-strategi pemasaran yang akan kami pakai dalam menarik calon orang tua
dari siswa. Harga yang kami berikan relative lebih murah dari Lembaga Kursus yang
ada. Besar harapan kami agar dalam pelaksanaannya nanti pendirian Lembaga
Kursus kami dapat berjalan dengan sukses.
BAB III
ANALISIS SWOT
4.1 Strenght (Kekuatan)
v Harga yang kami berikan relatif murah.
v Tempatnya strategi
sehingga mudah untuk dikunjungi.
v Konsep pembelajaran yang kami berikan sederhana dan menyenangkan.
v Materi yang kami berikan sangat mendetail dan mudah
dipahami.
v Fasilitas kelas yang memadai sehingga menunjang proses
belajar mengajar.
v Adanya taman bermain, ruang tunggu untuk orang tua
yang akan menjemput anaknya.
4.2 Weakness (Kelemahan)
Ø Sumber Daya Manusia yang terbatas, karena kami hanya
seorang mahasiswa.
Ø Belum mempunyai cabang.
Ø Kurang modal untuk memulai usaha.
Ø Ruang kelas yang tersedia hanya sedikit
4.3 Opportunity (Peluang)
·
Lembaga Kursus saat
ini sangat diminati oleh masyarakat.
·
Bahasa Inggris
yang saat ini digunakan di berbagai bidang keahlian .
·
Dekat dengan
tempat pendidikan seperti TK, SD, SMA, SMA.
4.4 Threat (Ancaman)
ü Banyak saingan.
ü Harga yang kami berikan kurang meyakinkan masyarakat
karena harga yang begitu murah.
BAB IV
RENCANA USAHA
4.1 Nama Usaha
Usaha yang kami buka adalah jasa Lembaga Kursus Bahasa
Inggris dengan nama SMART COURSE yang beralamat di Jalan Raya Situbondo No.56 Bondowoso. Kami memberi nama ini karena kami
ingin generasi penerus bangsa menjadi generasi yang smart.
4.2 Tempat
Usaha
Tempat yang memungkinkan untuk
mendirikan usaha adalah
Jalan Raya Situbondo No.56
Bondowoso. Daerah ini kami nilai jalan yang sangat ramai. Selain itu, dekat
dengan tempat pendidikan dan tempat umum.
4.3 Waktu Operasional
Usaha ini akan
kami buka setiap hari Sabtu dan Minggu dari pukul 09.00 s.d 17.00. Hal ini
dipertimbangkan karena pada hari Senin s.d Jum’at kami sebagai mahasiswa terdapat
jadwal kuliah.
BAB V
PEMASARAN
5.1 Target Pasar
Karena kantor
kami merupakan Lembaga Kursus, maka target
pasar dari Lembaga Kursus ini adalah siswa sekolah
dasar. Target pasar kami juga untuk lingkup kawasan menengah kebawah dan
menengah keatas.
5.2 Metode Pemasaran
Metode
pemasaran yang kami gunakan adalah dengan promosi
menggunakan brosur dan banner yang akan kami pasang di tempat umum.
5.3 Paket Harga
Biaya
pendaftaran @ Rp 150.000,00 diawal masuk tempat kursus kami. Biaya per bulan @
Rp 75.000,00 setelah menjadi siswa di Smart Course.
BAB VI
PERENCANAAN KEUANGAN
6.1 Biaya Tetap (Fixed Cost)




Rp 1.180.000
6.2 Biaya Variabel (Variable Cost) per Bulan







Rp
1.420.000
6.3 Total Biaya (Total Cost)
TC = TFC + TVC
TC = Rp 1.180.000,- + Rp 1.420.000,-
TC = Rp 2.600.000,-
6.4 Daftar Harga
Biaya pendaftaran Rp
150.000,00
Biaya
per bulan Rp 75.000,00
6.5 Pendapatan
Target siswa per hari adalah 8 orang. Waktu Sabtu-Minggu. Atau dalam sebulan target siswa 25 oang.
Pendapatan = Rp 150.000,- x 8 orang = Rp 1.200.000,-
Pendapatan Bulanan = Rp 75.000,- x 25 orang = Rp 1.875.000,-
6.6 Penghitungan Harga
Harga Pokok/Biaya
Variabel = Rp 1.420.000,-
Hpp = Rp 1.420.000,- / 25= Rp 56.800,-
Laba yang diinginkan :
Pendaftaran = Rp 150.000.- Rp 56.800,- = Rp 93.200,-
Per bulan =
Rp 75.000.- Rp 56.800,- = Rp 18.200,-
6.7 Analisis Titik Impas (Break-Event Point)
BEP = Biaya
Tetap = Rp 2.600.000,- = 142,8 orang ~~ 143 orang
Profit
Rp 18.200,-
Berarti akan BEP dalam
= 143/25 = 5,7 bulan ~~ 6 bulan
SUMBER DANA INVESTASI
Kebutuhan dana dalam
pembangunan usaha ini berasal dari dana sendiri, yaitu:
Modal sendiri :
Rp 2.000.000,00 (100%)
BAB VII
PENUTUP
7.1 Antisipasi Masa Depan
Sebagai
wirausahawan yang baik, kami tidak akan membiarkan usaha ini berjalan secara
mendatar. Kami akan terus mencoba memperbaiki kualitas pekerjaan kami, agar para
peminat atau konsumen puas atas pelayanan jasa yang kami buat. Karena apabila
kualitas jasa kami tidak kami tingkatkan kemungkinan besar usaha ini
tidak akan maju dan terancam bangkrut.
7.2 Kesimpulan
Menurut kami usaha ini dapat
berkembang dan akan mencapai keberhasilan. Kami sangat yakin bahwa usaha ini
akan maju dan terus berkembang karena dilakukan oleh orang–orang yang mempunyai
kualitas dalam menjalankan setiap pekerjaan. Kami sadar bahwa usaha ini tak
akan langsung berkembang pesat tapi kami akan terus berjuang untuk terus
menjalankan dan mengembangkan usaha ini.
Komentar
Posting Komentar